PROGRAM PEMBINAAN WILAYAH BERKELANJUTAN PENCEGAHAN STUNTING
Wilayah Binaan Berkelanjutan Poltekkes Kemenkes Malang

By Admin 06 Okt 2022, 10:10:48 WIB berita
PROGRAM PEMBINAAN WILAYAH BERKELANJUTAN PENCEGAHAN STUNTING

Tim Poltekkes Kemenke Malang melaksanakan Wilayah Binaan dalam upaya menekan angka stunting di Wilayah Kota Malang. Berbagai upaya dilakukan salah satunya Program Wilyaha Binaan yang dijalankan oleh Jurusan Gizi Poltekkes Malang. Melaksanakan IPE dan IPC dengan Prodi Teknologi Bank Darah dan D-III Keperawatan Malang.

Kamis, 29 September 2022 pembukaan oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengabmas menyampaikan bahwa kegiatan Wilayah Binaan ini merupakan Interprofesional Collaborationantar Program Studi yang ada di Lingkungan Poltekkes Malang, melalui berbagai inovasi dan spesifikasi untuk meningkatkan dan penguatan kader pos yandu sebagai Agen Of Change 1000 ibu HPK, diyakinkan dnegan penuh tekat diharapkan kegiatan wilayah berkelanjutan kedepannya dapat mencapai angka nol persen.

Dalam pertemuan dengan beberapa Dinas Kesehatan dan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur angka stunting di Kota Malang cukup tinggi masalah tersebut yang mendorong Poltekkes Malang melalui IPC dan IPE dengan beberapa program studi untuk bisa membantu menyelesaikan dengan cara penguatan kader posyandu di amsing-masing RW sebagai garda terdepan yang dekat dengan masyarakat

Ketua Wilayah Binaan sekaligus kaprodi D-III Gizi Malang mengatakan setidaknya ada kurang lebih 30 kader posyandu yang diberikan penguatan dan sebanyak 72 ibu hail dan menyusui Wilayah Cemorokandang. Dalam pelaksanaan ini memberikan penguatan salah satunya terakait menu gizi komplit dangan nama menu isi piringku, dan juga makanan tambahan lainnya.

dalam pelaksanaan kegiatan ini juga didukung Kaprodi D3 Teknik Bank Darah, Dr.Ni Luh Putu Eka S.Kp., M.Kes., Kaprodi Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika, Sutomo Rum Teguh, S.KM., M.Kes., dan Kaprodi D3 Keperawatan Malang Dr. Atti Yudiernawati, S.Kp, M.Pd.

kegiatan tersusun dari berbagai tahap diantaranya Tahap I:  Inovasi Intervensi Spesifik Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu pada Jum'at 9 September 2022. Tahap II:  Germas dan Demo Menu Gizi Seimbang Ibu Hamil dilanjutkan dengan Pre-test Perilaku Komsumsi Pangan serta Pengukuran Kadar Hb, Kadar Glukosa Darah, Golongan Darah Ibu Hamil.  Kamis 29 September 2022.

Kunjungan dan Pendampingan Bumil, Pendampingan Bulan Pertama.  Masih berlanjut pada Kunjungan dan Pendampingan Ibu Hamil oleh Kader Posyandu sebagai Agent of Change pada Bulan Kedua (Oktober) hingga Bulan November dan Desember (Post-test Perilaku Komsumsi Pangan Ibu Hamil dan Pengukuran Kadar Hb, Kadar Glukosa Darah, Golongan Darah)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment