GERMAS Sosialisasi Pencegahan Covid-19 Bersama Mitra DPR-RI di Prodi Kebidanan Jember
Germas (Gerakan Masyarakat Sehat)

By Admin 08 Mar 2021, 14:09:15 WIB berita
GERMAS Sosialisasi Pencegahan Covid-19 Bersama Mitra DPR-RI di Prodi Kebidanan Jember

Keterangan Gambar : Dokumentasi Kegiatan Germas Penyerahan Bantuan


Dalam  masa pandemic Covid-19 kesehatan adalah bagian terpenting, menjadi tubuh dalam  keadaan sehat. Upaya nasional memutus penyebaran rantai penularan COVID-19 dilakukan dengan gerakan cuci tangan, penggunaan masker, sosial distancing. Pemerintah gencar mensosialisasikan pencegahan covid 19 melalui jargon “Iman, Aman, Imun”. Masyarakat diminta meningkatkan keimanan disaat pandemi ini sebagai wujud kepasrahan kitakepada Tuhan. Masyarakat dapat menjadi aman jika menerapkan disiplin menerapkan pola kebiasaan baru seperti memakai masker dengan benar, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan pakai sabun di air mengalir. Pemerintah mengemasnya dalam jargon “Ingat Pesan Ibu”. Selain itu, masyarakat diminta untuk menjaga imunitas tubuh dengan cara olahraga, makan makanan yang bergizi dan mengelola stress.

 

Poltekkes Kemenkes Malang sebagai salah satu institusi yang bergerak di bidang pendidikan kesehatan mempunyai tanggung jawab untuk berperan serta dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat ditengah pandemic covid-19.

Upaya tersebut dapat diwujudkan salah satunya dengan melaksanakan kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dengan tema,” Sosialisasi Pencegahan Covid 19”.

Kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ini dengan tema “Sosialisasi Pencegahan Covid-19” telah dilaksanakan oleh Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan Jember sebagai bentuk kepedulian untuk meningkatkan peran generasi muda dalam rangka mencegah penyebaran covid-19. Panitia menyiapkan ruangan dan protokol kesehatan yang ketat. Kegiatan dibagi menjadi 2 sesi karena keterbatasan tempat. Panitia memperhatikan jarak aman 1,5 meter antar peserta. Peserta kegiatan Germas ini berasal dari beberapa perguruan tinggi di Kabupaten Jember. Peserta pada sesi I sejumlah 100 peserta. Peserta pada sesi II sejumlah 100 peserta. dihadiri oleh dinas kesehatan, satgas kesehatan covid-19 Kabupaten Jember, serta petugas keamanan Kabupaten Jember.

Laporan ketua panitia disampaikan oleh Ibu Sri Winarni, S.Pd., M.Kes. Acara dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Malang, Bapak Budi Susatia, S.Kp., M.Kes. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Anggota Komisi IX MPR RI Ir. Nur Yasin

Kegiatan germas ini berjalan cukup baik dan lancar sesuai waktu yang telah dijadwalkan. Kedua pemateri menyampaikan materi dengan baik. Saran yang dapat diberikan berdasarkan kegiatan ini adalah agar para pemuda yang diundang dalam kegiatan ini dapat mensosialisasikan kepada teman yang lain dan orang-orang yang terdekat dengan mereka




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 4 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment