GERMAS DAN VAKSINASI WILAYAH KABUPATEN BANYUWANGI
Germas Sosialisasi Penyakit Tidak Menular dan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Banyuwangi

By Admin 20 Okt 2022, 13:10:46 WIB berita
GERMAS DAN VAKSINASI WILAYAH KABUPATEN BANYUWANGI

Keterangan Gambar : pelaksanaan germas Kabupaten Banyuwangi


Banyuwangi 15 oktober 2022 vaksin covid-19 dilaksanakan di 2 wilayah kelurahan Grajagan dan Kelurahan Kedungrejo. Pelaksanaan vaksin dilaksanakan 1000 dosis, Poltekkes Malang bermitra dengan Komisi IX DPR RI. Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi menyebutkan bahwa “stock vaksin sempat habis, dilakukan berbagai upaya meminta dari 9 puskesmas akhirnya mendapatkan 1000 dosis vaksin yang tersedia tutupnya”.

Kegiatan sosmas atau sosialisasi masyarakat terselenggara pada 16 oktober 2022 di Pondok Pesantren Darur Ridwan kecamatan banyuwangi, dihadiri oleh DPR RI Anas Thahir, Direktur Poltekkes Kemenkes Malang Budi Susatia, S.Kp., M.Kes, para perwakilan 9 wilayah Puskesmas dan Dinas Kesehatan.

Pada pembukaannya Budi Susatia, S.Kp., M.Kes menyatakan  dalam pembukaannya “5 penyakit yang harus di basmi Penyakit jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, Strok, kanker. Beberapa penyakit ini adalah penyakit penyebab kematian terbesar, Oleh karena itu Poltekkes Kemenkes Malang sebagai Perguruan Tinggi Kesehatan akan merombak kurikulum pembelajarannya sehingga akan turut serta dalam membantu pemerintah agar pencegahan dan  peningkatan hidup sehat terkait penyakit ini dapat dikendalikan . Karena promotif preventif sangat penting. Kesehatan di Indoensia belum optimal karena memang SDM terbatas. Maka dari itu Poltekkes Malang akan turut turun melalui mahasiswa dan SDM di Poltekkes Malang. Agar dapat menyeimbangkan status kesehatan dalam masyarakat. Penyakit bawaan ini akan kita upayakan pencegahan bekerjasama dengan berbagai institusi termasuk Dinkes, Puskesmas dan DPR RI. Kami berharap DPR RI dapat memberikan suatu support dalam pelaksanaan program kesehatan ini tutupnya sebelum membuka acara Germas.

Komisi IX DPR RI memaparkan banyak hal diantaranya Germas kali ini mengangkat tema penyakit tidak menular. Sosialisasi ini sangat sederhana karena mengajak masyarakat untuk hidup sehat. Saya sampaikan apresiasi setinggi2nga kepada mitra kami untuk mewujudkan program hidup sehat ini. Sehat adalah sebuah anugerah dari Tuhan. Untuk mendapatkan kesehatan yang baik perlu ada usaha2 dari kita.salah satunya adalah vaksin corona, karena saya masih berharap masyarakat masih mau untuk melaksanakan vaksin agar bisa terhindar dari pandemi dan mengakhiri prokes ini. Pemerintah masih kawatir terhadap keadaan kita maka dari itu pemerintah menekan masyarakt untuk melaksanakan vaksin. Meningkatanya angka kematian dan kesakitan meningkat dari berbagai penyakit-penyakit berat, penyakit menular. Maka kita berikhtiar kepada masyarakat untuk bersiaga menjaga kesehatan melalui sosialisasi ini. Salah satunya menguindari rokok karena merokok dapat menimbulkan berbagai penyakit, jadi sebenarnya perokok dilihat dari mana saja tidak menguntungkan karena merugikan diri sendiri dan merugikan oranglain tutupnya.

Dilanjutkan materi dari lintas sektor yaitu Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dan Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi, pada akhir acara dilakukannya senam dan penandatanganan berita acara pelaksanaan germas serta foto Bersama. Ditutup dengan yelyel germas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment