Penelitian Kerjasama dengan BRIN dan Universitas Brawijaya di Bangkalan Madura
Penelitian Kerjasama Poltekkes Kemenkes Malang

By Liza Eri Widyawati 21 Sep 2022, 09:28:26 WIB berita
Penelitian Kerjasama dengan BRIN dan Universitas Brawijaya di Bangkalan Madura

Keterangan Gambar : Foto Kegiatan Pelaksanaan


 Kondisi stunting di Jawa Timur berdasarkan hasil SSGI tahun 2021 rata-rata prevalensi stunting sebesar 23,3%, wilayah tertinggi di Kabupaten Bangkalan, Madura sebesar 38,9%. Percepatan penurunan stunting membutuhkan inovasi untuk dapat memperjelas determinan stunting sehingga intervensi yang dilakukan mengarah pada penyebab utama dari masalah stunting.

Berdasarkan hasil dan analisis data penelitian menunjukkan bahwa penyebab stunting di Kabupaten Bangkalan terkait dengan faktor penyebab langsung dan tidak langsung dari stunting yaitu penyakit infeksi pada balita (penyebab langsung) dan faktor tingkat pendapatan, pendidikan, sanitasi lingkungan, sosial budaya pola asuh balita(penyebab tidak langsung), ujar Ketua Penelitian Ibnu Fajar, M.Kes.

Penelitian mengenai stunting ini dilaksanaka dari bulan Maret s/d Agustus tahun 2022, dalam pelaksanaan kegiatan ini Poltekkes Kemenkes Malang bekerjasama dengan Asian Development Bank (ADB) bersama Kementerian Kesehatan RI. Mengusung judul penelitian " Peran Sinergisitas Unsur Pentahelix dan Pola Asuh Balita dalam Pencegahan dan Penurunan Stunting di Jawa Timur".




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment