Wilayah Binaan Berkelanjutan Kebidanan Malang
Desa Binaan POLKESMA

By Admin 09 Mar 2021, 16:10:21 WIB berita
Wilayah Binaan Berkelanjutan Kebidanan Malang

Keterangan Gambar : Dokumentasi Kegiatan Desa Binaan Kebidanan Malang


Tingginya angka kejadian Covid-19 di Kabupaten Malang menjadi salah satu permasalahan penting yang perlu upaya penyelesaian. Adanya kebijakan dari pemerintah terkait penerapan new normal atau tatanan kehidupan normal baru.

Pelaksanaan kegiatan pengembangan wilayah binaan ini bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan kader dan remaja akan upaya penerapan dan promosi kesehatan terkait dengan 3M dan pelayanan kesehatan, sehingga terjadinya perubahan perilaku kader dan remaja dengan adanya kebijakan tatanan kehidupan baru. Selain itu, kegiatan pengembangan wilayah binaan ini juga bermanfaat untuk memberdayakan kader posyandu dan remaja dalam pemanfaatan potensi lokal berupaya jeruk, yaitu pembuatan handsanitizer dan handsoap sebagai upaya promotif dan preventif kesehatan ibu dan anak memasuki era new normal.

Pelaksanaan Kerjasama yang di bangun oleh Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang dan Desa Petung Sewu, Dau dilakukan selama 1 tahun.

 

kegiatan Pembuatan Handsoap dan Handsinitezer

Kegiatan ini akan dilaksanakan sebanyak 2 kali yaitu pada tanggal 22 November  2020  dan  29  November  2020  di  Balai  Desa  Petungsewu,  Dau, Kabupaten Malang. Pelaksana kegiatan dari dosen D3 Kebidanan malang dan dibantu oleh mahasiswa. Pelaksanaan kegiatan dilakukan secara bertahap yang dihadiri oleh 15 kader posyandu dan 15 remaja.

Kegiatan yang dilaksanakan  Memberikan  penyuluhan  kepada  kader  posyandu  dan  remaja  tentang pentingnya penerapan perilaku 3M dan 3T sebagai upaya memutus penularan Covid-19, tatalaksana prosedur pemeriksaan kesehatan ibu dan anak di era new normal, tatalaksana pelayanan posyandu di era new normal mengatasi stress di era new normal, dan panduan teknis pelayanan rumah sakit pada era new normal. Memberikan   pelatihan   kepada   kader   posyandu   dan   remaja   tentang pemanfaatan potensi lokal berupaya jeruk sebagai upaya promotif dan preventif kesehatan ibu dan anak memasuki era new normal dalam bentuk handsanitizer dan handsoap.

kegiatan demonstrasi kegiatan

penyampaian materi




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment