Wilayah Binaan PRODIGA (Program Studi Keperawatan Trenggalek)
Pemberdayan Masyarakat Peduli Hipertensi

By Liza Eri Widyawati 21 Sep 2022, 10:29:49 WIB berita
Wilayah Binaan PRODIGA (Program Studi Keperawatan Trenggalek)

Di Kabupaten Tulungagung Khususnya di Puskesmas Gondang Kasus Hipertensi tercatat masih cukup tinggi yaitu 8386  dan di Desa Ngrendeng dari penduduk 3427 orang terdapat 717 kasus untuk Tahun 2021, saat ini terdeteksi 181 orang selama periode Januari – Mei 2022. 

Faktor yang dapat memicu timbulnya hipertensi dapat digolongkan menjadi 2 yaitu faktor yang tidak dapat diubah misalkan (umur, jenis kelamin, etnis, dan keturunan) dan faktor yang dapat diubah misalkan (diabetes, stres, obesitas dan nutrisi). Beberapa faktor yang diduga berkaitan dengan berkembangnya hipertensi primer (esensial) seperti faktor genetik, jenis kelamin, diet, berat badan atau obeseitas, gaya hidup atau merokok dan mengkonsumsi alkohol.

Minggu, 18 Oktober 2022 telah dilaksanakan wilayah binaan di Desa Ngrendeng Kabupaten Tulungagung. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat untuk hidup sehat dalam pencegahan dan penangan serta rehabilitasi penyakit hipertensi. Meningkatkan produktivitas masyarakat dalam penanganan hipertensi. 

Sasaran 135 masyarakat yang dideteksi oleh 30 kader Posyandu didampingi oleh Pusk, Dinkes Kab dan juga dari Prodi Trenggalek dengan Mahasiswa. Giat hari ini senam bersama, deteksi PTM dan memasukan dalam aplikasi ASIK. 

kegiatan di buka oleh Wakil Direktur III Poltekkes Malang Dr. Ganif Djuwadi, SST, S.Pd., M.Kes dalam penyampaiannya beliau memaparkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu untuk mewujudkan tridarma perguruan tinggi. yaitu, pengabdian masyarakat. Tujuannya agar ke depan tidak ada kasus penyakit stroke, khususnya yang ada di Desa Ngrendeng. PTM termasuk hipertensi, stroke, dan lainnya menjadi perhatian kami. Sebab, jumlahnya meningkat dari tahun ke tahun. 

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment