WILAYAH BINAAN BERKELANJUTAN PRODI KEBIDANAN KEDIRI
Pendampingan Ibu Balita dan Ibu Hamil dengan di Wilayah Binaan Poltekkes Kemenkes Malang Untuk Mendukung Program Gebrak dan Pencegahan Stunting di Desa Keniten Kecamatan Mojo Kediri

By Liza Eri Widyawati 29 Agu 2022, 10:40:58 WIB berita
WILAYAH BINAAN BERKELANJUTAN PRODI KEBIDANAN KEDIRI

Keterangan Gambar : Pembukaan Acara Oleh Kapus Litmas Poltekkes Malang


 

Sabtu 27 Agustus 2022 Podi Kebidanan Kediri melaksanakan pendampingan wilayah binaan berkelanjutan untuk mensukseskan program penurunan stunting dan mendukung program GEBRAK (Gerakan Bersama Amankan Kehamilan dan Persalinan). Kegiatan ini dihadiri langsung dari Internal dan institusi eksternal, dalam Internal dihadiri oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyrakat dan TIM Litmas, Kaprodi Kebidanan dan seluruh Dosen, Tenaga Kependidikan dan Mahasiswa. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, Kepala Puskesmas Mojo juga turut serta dalam kegiatan ini.

Dalam Laporannya Susanti Pratamaningtyas melaporkan bahwa stunting di kecamatan mojo masih tercatat sangat tinggi serta Angka Kehamilan yang tinggi, dalam hal ini beliau menambahkan bahwa permasalahan yang ada di masyarakat khususnya ibu hamil, anak wasting dan stunting membutuhkan pendampingan langsung kepada ibu dan anak maka dari itu percepatan penurunan stunting dan mendukung program GEBRAK memerlukan dukungan para kader tutup Kaprodi Kebidanan Kediri.

 

Pelaunchingan acara dibuka oleh Sri Winarni selaku Kepala Pusat Penelitian dan Pengabmas. Beliau memaparkan bahwa ada 9 wilayah binaan yang dikembangkan Poltekke Kemenkes Malang salah satunya di kelurahan mojo, dalam hal ini beliau menambahkan bahwa untuk seluruh kader, ibu balita, dan ibu hamil yang hadir bisa terus berpartisipasi dalam mensukseskan acara wilayah binaan ini, disampaikan terimakasih kepada ibu lurah kecamatan mojo yang banyak berpartisipasi dalam kegiatan ini tutupnya

 

Setelah pembukaan di belaidesa Kecamatan Mojo kegiatan di pisahkan menajdi 2 wilayah untuk memfokuskan kegiatan. Untuk kelompok ibu dan balita berada di Balaidesa Kecamatan Mojo dan untuk Ibu Hamil berada di Kediaman Rumah Ibu Lurah. Kehadiran kader sangat membantu berjalannya acara kegiatan ini. Kurang lebih ada 50 ibu balita dan 30 ibu hamil sudah hadir dalam kegiatan ini.

 

Tak kalah penting dilaksanakannya Interprofessional Collaboration (IPC) dan Inter Professional Education (IPE). model pengabdian kepada masyarakat terpadu dengan intervensi lintas profesi berbasis IPC dan IPE ini dilaksanakan untuk pengembangan ilmu lintas profesi. Di hadiri langsung oleh dosen Gizi dan Promosi Kesehatan Poltekkes Kemenkes Malang Sutomo Rum T (Ka.Prodi D-IV Gizi) dan Siti Asiyah (Ka.Prodi Promosi Kesehatan).

Acara berlangsung dengan lancar dalam kegiatan dilakukan game untuk ibu balita sebagai cara deteksi tumbuh kembang serta doorprize untuk ibu hamil yang bisa mejawab pertanyaan dari pembicara.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment