Wilayah Binaan Berkelanjutan Prodi Kebidanan Jember
Desa Binaan POLKESMA

By Admin 09 Mar 2021, 14:05:56 WIB berita
Wilayah Binaan Berkelanjutan Prodi Kebidanan Jember

GERMANTING atau disebut Gerakan Masyarakat Antisipasi Stunting, yang dilaksanakan oleh Prodi Kebidanan Jember pada tanggal 22 Oktober 2020 Di Kelurahan Banjarsengon Kabupaten Jember.

Kegiatan  GERMANTING sebagai sebagai wujud pelaksanaan pemberdayaan masyarakat di wilayah binaan dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi bagi dosen di lingkungan Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang.

Sasaran dalam Gerakan masayrakat Antisipasi Stunting ini adalah Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jember, Tenaga kesehatan  Puskesmas Banjarsengon  Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Kader Kesehatan  Kelurahan Banjarsengon Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Masyarakat yang memiliki balita stunting di wilayah Kelurahan Banjarsengon Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Sasaran kegiatan ini diperluas untuk menekan terjadinya stunting di Kabupaten Jember.

 

Pelaksanaan kegiatan desa binaan berlasung dalam beberapa kegiatan yaitu penyampaian penyuluhan tentang nutrisi pada balita dan bagaimana pola asuh yang baik, pemberian makanan tambahan bagi anak balita yang mengalami stunting. Evaluasi kegiatan dilakukan dengan rutin dalam bentuk pengukuran tinggi badan dan penimbangan berat badan pada anak balita.

Peserta yang hadir adalah Ibu yang memiliki balita dengan stunting sebanyak 28 orang yang dihadirkan berdasarkan data hasil timbang.  dihadiri langsung oleh Bidan desa dan Kepala Dinas Kesehatan Jember. Tim pelaksana Kegiatan wilayah Binaan terdiri dari Tim dosen dan staff di Prodi Kebidanan Jember di ketuai langsung oleh Kaprodi Kebidanan Jember Ibu Sugijati., SST., M.Kes. Kegiatan penimbangan dan penyampaian materi di hadiri langsung oleh Tim Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Kepala Pusat Penelitian dan Pengabmas ibu Sri Winarni., S.Pd., M.Kes menegasakan saat pembukaan acara bahwa stunting dapat dicegah dengan pemberian nutrisi yang sesuai dengan pola asuh yang baik.  




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment