WILAYAH BERKELANJUTAN DI DESA GEDOG WETAN KECAMATAN TUREN KABUPATEN MALANG
PROGRAM PENGEMBANGAN WILAYAH BINAAN POLTEKKES KEMENKES MALANG DALAM UPAYA PENURUNAN ANGKA KEMATIAN IBU DAN ANAK

By Liza Eri Widyawati 21 Sep 2022, 09:28:57 WIB berita
WILAYAH BERKELANJUTAN DI  DESA GEDOG WETAN KECAMATAN TUREN  KABUPATEN MALANG

Desa GedogWetan merupakan desa yang berada di Kabupaten Malang tepatnya di kecamatan Turen. 31 Agustus 2022 adalah pembukaan daerah binaan prodi Kebidanan Malang, menerapkan IPC dan IPE dengan ahli Gizi dan tenaga keperawatan. 

 

Dibuka oleh Wakil Direktur I Poltekkes Kemenkes Malang Dr. Moh. Wildan, A.Per.Pen., M.Pd menegasakan bahwa AKI dan AKB di Indonesia cukup tinggi, sebagai Institusi pendidikan di bidang kesehatan kita berhak memberikan edukasi terhadap ibu agar ibu dapat meningkatkan derajat kesehatan. Menurunkan AKI dan AKB merupakan Program pemerintah yang sejak dulu ditekankan kepada para Tenaga Kesehatan. Maka kami Poltekkes Kemenkes Malang mengharapkan ibu bapak dapat berpartisipasi sampai selesai di kegiatan wilayah binaan ini. Kita bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, Puskesmas Turen dan desa Gedog Wetan Kecamatan Turen. “Harapannya dengan bekerja bersama dengan masyarakat dan memberdayakan sumberdaya yang ada di masyarakat, maka masyarakat lebih bisa berperan aktif dalam mengenali masalah-masalah kesehatannya. Maka melalui Revitalisasi Desa siaga ini semua

Untuk kegiatan di tahun pertama ini kita melibatkan teman-teman Promkes dan Anafarma dimana nanti menjadi sebuah kolaborasi 3 profesi bersamasama mendampingi masyarakat, terutama ibu , anak dan remaja.

laporan langsung oleh Ketua WIlayah Binaan Kebidanan Reni Wahyu Triningsih, SST., M.Kes mengungkapkan hasil dari musyawarah didapatkan Kendala kegiatan pelaksanan Desa siaga yang ada di Gedog Wetan sendiri setelah terbentuk kurang lebih 10 tahun yang lalu sampai sekarang belum adanya refreshment tugas dan tanggung jawab pengelola desa siaga, sedangkan kepengelolaan sudah sering berganti dengan yang baru. Dipilihnya desa Gedog wetan sebagai Launching awal dilakukannya pendampingan Kerjasama Dinkes Kabupaten Malang ini dikarenakan masih adanya angka kematian ibu dan Anak.

tujuan diadakan kegiatan ini adalah Membantu dan membina masyarakat dalam upaya penurunan angka kematian ibu dan anak melalui kegiatan revitalisasi Desa Siaga dengan pendekatan pemberdayaan masyarakat di Desa Gedog Wetan Kecamatan Turen Kabupaten
Malang 

Indikator yang ditetapkan dalam keberhasilan pemberdayaan masyarakat ini ada dua yaitu terbentuknya kepengurusan forum komunikasi desa siaga dan yang kedua memperoleh informasi penyebab permasalahan, rencana solusi dari permasalahan melalui FGD (Focus Group Discussion).

 

untuk mendukung keberlangsungan acara sasaran dalam kegiatan ini adalah Masyarakat, Tokoh Masyarakat, Forum Pimpinan Daerah, Bidan, Ahli Gizi, seluruh NAKES yang terkait dan seluruh kader desa siaga di desa Gedog Weta. 

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment